Blog Archive

10 Kerusakan Ponsel Yang Sering Terjadi


Sikap anda dalam memperlakukan ponsel sangat mempengaruhi umur ponsel. Misalnya, mengantonginya dalam kantong celana jins, meletakkannya di dalam tas tanpa sarung, bersikap ceroboh sehingga sampai jatuh kedalam air.

Cara men-charge baterai ponsel juga berpengaruh terhadap kesehatan baterai ponsel anda. Untuk mengecek kesehatan ponsel, anda dapat mendatangi service center resmi milik vendor atau alternative tempat lain dengan biaya yang lebih terjangkau. Hanya saja anda harus memilih tempat reparasi yang memiliki reputasi bagus, atau akan lebih bagus jika anda memiliki teman/kenalan yang bisa mencek kesehatan ponsel anda.

Berikut 10 jenis kerusakan ponsel yang paling sering terjadi:

Integrated Circuit (IC) Power
IC Power merupakan perangkat ini mesin ponsel. Jika terjadi kerusakan kecil pada ponsel anda maka bisa berujung pada kerusakan komponen ini. Jika hal tersebut terjadi maka ponsel anda berada antara hidup dan mati.
Penyebab terjadinya kerusakan IC power umumnya terjadi karena tegangan listrik yang tidak stabil/naik-turun pada saat anda men-charge ponsel. Pengaruh medan magnet yang dihasilkan listrik tegangan tinggi juga bisa menyebabkan kerusakan ponsel. Maka wapadalah jika anda tinggal berdekatan dengan tiang listrik bertegangan tinggi.

Flexy Cable
Umumnya terjadi pada ponsel clamshell atau ponsel lipat. Flexy cable merupakan penghbung antara mesin ponsel dan LCD. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini LCD pada ponsel akan blank atau mati. Penyebabnya ponsel sering terkena air dan terjatuh.

Driver LCD (Liquid Crystal Display)
Kerusakan pada layar LCD umumnya disebabkan oleh ponsel yang serin jatuh atau karena kecemplung air. Hal tersebut biasa terjadi, namun dengan tingkat kerusakan yang berbeda. Jika layar sudah “koma”, sudah pasti driver LCD ponsel anda terkena gangguan hebat. Dan anda harus menggantinya, jika masih ingin memakainya lagi.

Driver Lampu
Lampu ponsel mati, bisa jadi karena ponsel sering terkena air atau lembab. Sarung ponsel dari plastic yang jarang dibuka juga berpengaruh. Minimal buka sarung seminggu sekali untuk memberikan udara segar bagi ponsel anda.

IC Plus
Jika ponsel anda dilengkapi berbagai macam fitur dan aplikasi, berhati-hatilah. Pengoperasian menu yang tidak sabaran atau semaunya bisa merusak ponsel. Misalnya sehabis memainkan games, anda langsung meng-offkan ponsel anda tanpa memalui proses exit. Hal ini menyebabkan system software yang bekerja sesuai aturan di ponsel ngambeg alias IC plus pada ponsel terganggu pola kerjanya.

Untuk menghindarinya, ikuti aturan main pada ponsel dengan rajin membaca buku panduan. Hati-hati juga pada saat menghapus aplikasi pada ponsel. Kerusakan IC plus bisa juga disebabkan karena aplikasi explorer pada ponsel tak sengaja terhapus.

IC RAM
Ponsel dengan memori eksternal ataupun internal rentan terhadap virus. Penggunaan Bluetooth yang sembarangan ketika men-transfer atau men-download data, menjadi jalur yang paling riskan. Selain ulah virus, kerusakan pada IC rAM juga disebabkan karena memori ponsel jebol. Kapasitas memori tak seimbang dengan jumlah data yang anda input. Jadi perhatikan sejauh mana memori ponsel bisa menyimpat foto atau lagu-lagu.

IC Power Amplifier (PA)

Kinerja IC PA sangat bergantung pada posisi anda saat menggunakan ponsel. Jika anda sedang berada dalam gedung, basement atau sedang di luar kota yang jauh dari lokasi BTS, kinerja IC PA dalam mencari sinyal akan kurang maksimal. Nah, jika anda tidak sedang berada pada kondisi tersebut namun sinyal tetap saja tidak stabil, ini pertanda IC PA ponsel anda rusak. Penyebab kerusakan masih serupa yaitu ponsel jatuh, kena air, sehingga IC PA korslet dan terbakar.

IC Audio
Jika fungsi audio pada ponsl tidak maksimal/mati, maka suara telepon tidak berbunyi dan fungsi Loudspeaker juga tidak berbunyi. Perangkat ini ada pada speake atau buzzer (bunyi ringtone). Speaker ponsel tak berfungsi ketika tahanan kaki speaker tidak kencang atau tidak menempel pada mesin. Untuk memerikanya, tekan bagian speaker lalu anda minta teman anda menelepon ponsel anda. Jika jika speaker masih saja tak berbunyi maka saatnya anda harus mengunjungi pusat reparasi.

Keypad
Kotoran yang masuk ke sela-sela keypad adalah biang kerok kerusakan keypad. Jika masih bisa dibersihkan dan keypad berfungsi normal, anda tak perlu mengeluarkan biaya service. Tetapi jika IC keypad sudah dimasuki kotoran halus atau cipratan air yang sering mengenai keypad, anda harus segera memperbaikinya.

Kamera
Jika kamera beresolusi 3MP tidak berfungsi dengan baik, hanya ada dua kemungkinan. Pertama, iklan telah menipu anda. Kedua, software pada ponsel corrupt atau rusak. Gejalanya mudah saja, gambar tampak tidak sempurna di layar, cahaya tidak terang atau gambar pecah.

Semoga bermanfaat! 
superveloce-trik.blogspot.com