Blog Archive

Mengenal Data Transfer Pada Web Hosting

Setelah membaca ebook Mastering Wordpress 3.0 (Anda dapat mendownloadnya secara gratis dengan menjadi free member disini >>>) dan 8 Ebook Internet Marketing, saya akhirnya berencana untuk mencoba belajar ngeblog menggunakan wordpress. Sambil mencari web hosting yang professional tetapi dengan harga terjangkau (biasa sifat orang indonesia, pengen barang bagus dengan harga murah, mane ade..) , saya mengumpulkan beberapa informasi seputar web hosting yang mudah-mudahan bisa menjadi panduan bagi saya untuk mencari web hosting terbaik bagi saya nantinya.

Mengenal Data Transfer Pada Web Hosting


Salah satu faktor ketika kita hendak membeli paket web hosting adalah seberapa besar data transfer perbulan yang disediakan oleh penyedia web hosting tersebut untuk paket yang kita ambil. Data transfer adalah jumlah data yang dikeluarkan oleh server untuk sebuah website atau blog kita yang disimpan di server (data center) mereka, diukur dalam satuan byte (kilobyte, megabyte atau gigabyte).

Jika website atau blog Anda memiliki sebuah file HTML berukuran 50KB dan dalam satu hari terdapat 100 pageview untuk halaman HTML tersebut, berarti total data yang dikeluarkan oleh server adalah 50000KB atau 50MB. Untuk melihat seberapa besar ukuran halaman website atau blog, kita bisa menggunkan layanan Pingdom.Com.

Contohnya menurut tools tersebut, hasil ukuran halaman blog gaptek ini adalah sebagai berikut:


pingdom

Kalau kita buletin aja misalnya setiap halaman blog gaptek ini berukuran 100kb, dan menurut Statcounter.Com pengunjung blog ini sekitar 1000 perhari dengan pageviews sekitar 2400, maka setiap bulannya pageviews blog ini sekitar 70.000, maka total data yang ditransfer sekitar 7 GB. Dari perkiraan kasar diatas, maka mungkin minimal data transfer yang saya butuhkan untuk membuat blog sekelas blog gaptek ini saja perlu sekitar 10 GB perbulan.

Iseng - iseng ngintip harga hosting dengan data transfer dibawah 15 GB perbulan dari beberapa layanan web hosting yang menurut feeling saya perlu dicoba adalah sbb:
  • Jagoan Hosting - Paket US Copper 250 MB - Data Transfer 15 GB - Rp15.000 /bulan
  • Bali Orange - Mikro Hosting Server USA 100 MB - Data Transfer 15 GB - Rp 150.000 /tahun (Rp 12.500 / bulan).
  • Hosting Ceria - Paket Hosting USA Starter 250 MB - Data Transper 25 GB - Rp 16.000 /bulan
Pilih yang mana ya...?
www.catatanteknisi.com